Posted by: media surviva | 11 June 2009

Cara Tepat Atasi Batuk Pilek pada Bayi

Imbauan ASI eksklusif jelas tidak main-main. Kalau bayi dilahirkan dengan kondisi sehat, pertumbuhan berat badannya sesuai standar dan ia memperoleh ASI eksklusif selama 6 bulan, boleh dijamin ia akan terbebas dari segala macam penyakit. “Kalaupun sakit, biasanya sangat ringan dan bisa diredakan dengan pemberian ASI saja. Apalagi pada bulan-bulan pertama, bayi masih memiliki antibodi milik ibunya yang diperoleh lewat ari-ari. Jadi sebenarnya ia bisa bebas dari penyakit,” ungkap dr. Waldi Nurhamzah, Sp.A.

Tradisi yang tidak mengizinkan bayi keluar sebelum usia 40 hari ada benarnya karena membuatnya jadi tak terpajan pihak luar. Lewat usia 6 bulan biasanya lingkungan bayi makin meluas. Nah, setelah usia 6 bulan barulah penyakit biasanya mulai menjangkiti si kecil. Mengapa? Pertama, saat usia 6 bulan peran ASI mulai berkurang dengan adanya makanan tambahan semipadat. Kedua, setelah usia 6 bulan, bayi mulai mengenal lingkungan luar selain keluarganya.

Bahkan pada kenyataannya, sebelum usia 6 bulan banyak bayi yang sudah terserang batuk pilek. Penyebabnya, apalagi kalau bukan karena ia tak mendapat ASI eksklusif dengan berbagai alasan. “Akhirnya jumlah antibodi dalam tubuh bayi berkurang dan bayi jadi gampang sakit,” ujar staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta ini.

PENYAKIT RINGAN

Namun sekali lagi, penyakit yang menjangkiti bayi biasanya merupakan penyakit ringan dan penyebabnya adalah virus. “Karena penyebabnya virus, mestinya batuk-pileknya tidak buru-buru diberi antibiotik. Antibiotik tidak dapat membunuh virus,” tukasnya.
Tak perlu juga buru-buru memberinya obat karena obat yang dibilang ringan pun selalu memiliki efek samping. “Jangan lupa, organ tubuh bayi belum matang. Oleh sebab itu, bila penyakitnya tidak berbahaya tak perlu diberi obat,” saran Waldi.

Sebagai langkah awal, cari penyebab batuk si kecil. Pemicu batuk yang paling sering adalah polutan seperti asap atau debu. Walau polutannya hanya sedikit tetap saja bisa menyebabkan bayi batuk. Oleh sebab itu, hindari merokok di dekat bayi atau di dalam rumah.
Air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan bisa juga merupakan biang keladi batuk pilek pada bayi, karena ia sebenarnya “didesain” untuk tidak berada dalam ruangan ber-AC. Jadi, bayi sebenarnya lebih senang berada di udara hangat ketimbang dingin. “Yang senang udara dingin, kan, orang tuanya, maka dipasanglah AC,” kata Waldi.

Menurutnya, ruangan ber-AC yang biasanya tertutup sangat memungkinkan virus yang ada di dalamnya tidak bisa dienyahkan. Walaupun katanya ada AC yang sanggup memfiltrasi kuman, tidak dijamin kuman yang menempel di pegangan pintu atau tepi tempat tidur bisa terhapus. Kalau seseorang di dalam ruangan itu sakit, ia akan dengan mudah menulari orang lain yang masuk ke kamar tersebut. “Namun bukan berarti bayi tidak boleh berada di ruangan ber-AC, hanya saja setiap hari jendela dan pintu ruang itu harus dibuka lebar-lebar sebagai jalan pergantian udara, dan tidak lupa membersihkan semua perabot di kamar itu secara teratur.”

BERI BANYAK MINUM

Nah, bagaimana dengan penanganan batuk-pilek si kecil? Untuk memperlancar hidung bayi yang tersumbat tetesi dengan larutan NaCl fisiologis yang bebas dibeli di mana saja dengan harga relatif sangat terjangkau. Larutan tersebut berfungsi mencairkan lendir dan biasanya dijual dengan kemasan 25 ml dan bertuliskan Sodium Chloride 0,9 %. “NaCl fisiologis bukan obat tapi larutan yang sama dengan cairan tubuh, sehingga dapat diteteskan pada hidung bayi sesering mungkin tanpa menimbulkan efek samping.”

Batuk berdahak bisa diatasi dengan memberi bayi minum lebih banyak daripada biasanya. Tujuannya agar dahak menjadi encer dan mudah keluar. “Balsam boleh-boleh saja dibalurkan karena uap yang terhirup dapat memberi wangi yang enak pada bayi. Tapi waspadai zat-zat yang terkandung di dalamnya karena bisa menimbulkan reaksi pada kulit bayi. Sebagai percobaan, oleskan balsam sedikit. Bila tidak ada reaksi seperti merah-merah pada tubuh bayi bisa dioleskan pada dada dan punggungnya.”

Suara grok-grok yang biasanya terdengar saat bayi tidur tak perlu dikhawatirkan. Suara tersebut muncul karena ada lendir yang terkumpul di jalan napas bagian atasnya. Selama bayi dapat tidur nyenyak, asupan makan dan minumnya tak terganggu, serta tumbuh kembangnya setiap bulan tampak baik berarti ia hanya terjangkit penyakit ringan. Dahak pada manusia, kata Waldi, sebenarnya tidak perlu selalu dikeluarkan lewat mulut karena akan dikeluarkan secara alamiah oleh saluran napas. Contohnya, karena bayi belum memiliki kemampuan untuk meludah, dahak yang sudah keluar di rongga belakang mulut (farings) akan tertelan dengan sendirinya masuk ke dalam saluran cerna.

GEJALA RAWAN

Sebagai informasi, penyakit saluran napas seperti batuk pilek biasanya berlangsung selama 3 hingga 10 hari. Bila dalam batas waktu tersebut bayi masih terserang batuk pilek tanpa penyebab yang jelas tentu perlu segera diperiksakan ke dokter. “Kadang-kadang orang tua terlalu khawatir. Saat mendengar bayinya batuk langsung panik. Padahal bayi batuk sekali dua kali, kan boleh-boleh saja karena mungkin tenggorokannya kemasukan sesuatu.”

Lain bila batuk pilek yang dialami sampai menyebabkan si kecil rewel, tidak bisa tidur, dan tidak bisa minum atau makan. “Nah, ini jelas serius sehingga harus dibawa ke rumah sakit, ” ujar Waldi. Gejala penyakit lain yang mengharuskan bayi ditangani serius adalah (1) tidak mau makan-minum (2) napas cepat, dan (3) muntah-muntah. Kalau sampai bayi tidak mau makan dan minum, hal ini menunjukkan penyakit yang serius.

Tak mau makan dan minum bisa dikarenakan napas bayi yang sudah memburu. Patokan frekuensi napas yang sudah masuk kategori berbahaya adalah lebih atau sama dengan 50 kali permenit untuk bayi higga usia 1 tahun. Untuk itulah orang tua mesti menghitung jumlah napas bayi saat ia terlihat tersengal-sengal. “Agar hitungannya tidak salah, lakukan saat bayi dalam keadaan tenang sambil dipangku, misalnya. Bila jumlahnya sampai 50 kali setiap menit atau lebih, segera larikan bayi ke rumah sakit. ”

Muntah-muntah juga merupakan gejala yang perlu dicermati. Walau agak sulit menentukan frekuensi yang sudah dianggap rawan, sebagai patokan bila muntah itu terjadi setiap kali bayi diberi asupan minuman dan makanan, berarti kondisinya cukup serius. Kalau bayi sudah muntah-muntah sekitar 3-4 kali dalam sehari, lebih baik bawa dia ke dokter. Yang dikhawatirkan, akibat muntah-muntah yang dialami, bayi tidak mendapat asupan gizi yang cukup. Muntah sendiri bisa menunjukan gejala penyakit pada saluran napas, saluran cerna, penyakit saraf pusat dan lainnya. Nah, kalau ini yang terjadi, bawalah segera bayi Anda ke dokter yang berkompeten.

IMUNISASI TETAP BERLAKU

Yang perlu diketahui, anggapan bahwa bayi sakit tak boleh diimunisasi sebenarnya kurang tepat. Jika bayi terjangkit penyakit ringan seperti batuk pilek, maka secara teori jadwal imunisasinya tak perlu terganggu. Saran Waldi, kalau sudah tiba jadwal imunisasi, walau sedang flu, sebaiknya bayi tetap dibawa ke dokter. “Biar dokter yang memutuskan melalui pemeriksaan. Bila kondisi bayi baik, dokter akan tetap memberi imunisasi. Sebaliknya bila sakitnya ternyata agak berat, imunisasi akan ditunda.”
Lain halnya dengan bidan yang umumnya akan menunda imunisasi bila orang tua melaporkan kondisi si kecil sedang tak sehat. “Ini wajar karena bidan tidak bisa menentukan ringan tidaknya penyakit yang diderita bayi.”
Faras Handayani

About these ads

Responses

  1. salam kenal dok,
    saya ibu dari anak usia 1 tahun 6 bulan. anak saya sememnjak menginjak usia 1 tahun terkena batuk berdahak dan pilek setiap 2 bulan sekali. apa itu wajar dok? saya bekerja, ayahnya juga. terus, ketika anak batuk pilek apa boleh dimandikan seperti biasa?
    obat batuk berdahak yang ampuh untuk anak usia 1 tahun ke atas apa ya dok?
    bagaimana pencegahannya agar anak saya tidak rutin 2 bulan sekali batuk pilek, memang dikamar tidur ada AC
    terima kasih

    • mohon maaf Bu Hani, kami bukan dokter, sebaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter anak. terima kasih.

  2. Bolehkah dimandikan saat bayi terserang batuk pilek?

    • menurut yang saya ketahui sebaiknya tidak dimandikan, tapi dilap saja dengan air hangat agar tubuh anak tetap bersih dan nyaman.

  3. saya punya baby umur 5 bulan, kenapa yah terkadang saya mendengar bayi saya seperti ada dahak saat bernafas dia tidur, tapi tidurnya tetep nyenyak gak rewel.
    apa itu bahay????
    apa perlu saya bawa kedokter, katanya ada alat buat ngebersihinnya y

    • sebaiknya diperiksakan ke dokter Bu…, memang ada mekanisme untuk mengeluarkan dahak, salah satunya dengan cara di -uap..

      tks atas kunjungannya.

  4. saya punya bayi umur 4 bulan, kemarin terkena batuk pilek mungkin tertular saya, trus kalau habis batuk dia muntahin susunya, gimana ya? apa obatnya?

    • untuk lebih mengetahui rincian apa dan bagaimananya sebaiknya konsultasi dengan dokter. demikian terima kasih,

  5. aku senang bisa bergabung disini

    • sama2. tks atas kunjungannya

  6. anakku usia 2 tahun,tidak suka makan nasi,bubur dan sejenisnya.susunyapun harus susu cair.aku sedih karena berefek susah bab.jika makannya dipaksa malah memuntahkan semua yang telah dimakan. mohon solusinya

    • dh, perlu dicermati tidak sukanya anak kenapa? apakah menunya monoton? nasi n bubur yg sama terus-terusan? jika seperti itu maka diperlukan variasi makanan agar selera makan meningkat. kalau terlalu banyak susu memang berpengaruh pada pencernaan anak untuk itu kombinasi makanan baiknya dilakukan.

  7. Saya punya bayi berumur 8 bulan, sudah hampir 2 bulan batuk dan pilkek. Sudah beberapa kali dibawa ke dokter specialis anak tapi masih tetep. harus bagaimana cara pengobatannya. terima kasih

    • untuk anak tertentu jika batuk pilek berkelanjutan (lama) kemungkinan dahak atau ingus yg susah dikeluarkan oleh bayi/anak, sehingga sumber penyakit masih ada. baiknya konsultasi ke dokter untuk di-‘uap’ agar sumber penyakitnya keluar. tks

  8. Selamat Pagi Dok, anak saya usia 4 bulan sekarang sedang mengalami batuk & pilek serta sering buang air besar cair seperti lendir berwarna hijau tapi minum ASI cukup kuat.satu lagi kalau malam sering nangis tetapi mata masih terpejam dok..terima kasih atas jawabannya
    wass

    • dh, mhn maaf, kami bukan dokter, hanya berbagi artikel dan pengetahuan saja…
      sebenarnya perlu diperiksa lendirnya seperti apa, tapi untuk ukuran bayi di kenal istilah indah (bs sunda) yg biasa dikeluarkan bayi jika sedang sakit seperti itu. jadi masih wajar. untuk hal lainnya silakan langsung ke dokter untuk diperiksa secara intensif… salam.

  9. Selamat Pagi,
    Saya Punya bayai berusia 5 bulan lebih hari ini dia pbadannya panas dan batuk sudah 7 hari. Saya sudah ke dokter dan kasih obt dokter dan obt China. Tapi belum sembuh juga. Saya takut soalnya Babyku Yosua nangis terus. Selama ini dia minum AsI peras exclusive soalnya saya kerja.

    • mhn maaf jika balasan terlalu lama, panas itu hanya gejala perlu diperiksa penyakit yg sebenarnya…. jika anak diberi obat panas, artinya hanya meredam gejalanya saja, belum tentu membereskan penyakitnya. silakan datang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. tks

  10. Mba, anak saya usia 2,5 bulan senin kemarin pada saat gejala batuk ringan diberi imunisasi DPT Pol dan HB1. Pada hari kamis kemudian kondisi batuk dan pileknya makin berat. Disamping obet pilek dan batuk, bolehkah diberi antibiotik? . Apakah ada jarak waktu antara pemberian imunisasi dengan antibiotik?. terima kasih

  11. Mba,saya mau nanya.
    Saya punya anak berumur 5 bln lebih,skrg anak saya batuk dn pilek,mungkin tetular saya soalnya kmre saya pilek dn batuk,ap boleh anak saya dalam keadaan pilek dn batuk boleh d mandiin n ap obat y,tp gak terlalu parah,sedangkan anak saya tidur y nyenyak.
    Terima kasih

    • sebaiknya tidak dimandikan, tapi dilap saja dengan air hangat agar tubuh anak tetap bersih dan nyaman.

  12. Salam kenal, dok, jika bayi mengalami filek dan batuk pd usia 7 hari, apa yang harus dilakukan? mohon arahnnya.. trima kasih

  13. saya punya anak usianya 6 bulan, tiap bulan selalu batuk-pilek. dan saya selalu bawa dia kedokter. setiap kali saya bawa kedokter selalu disuruh uap dan disedot. pertama ok, ke dua sampai empat kali ( 3 hari berturut2 ) itu anjuran dokternya. tapi ternyata apa? anak saya malah parah. radang yg disebabkan disedot+uap. hingga dia tak mau makan, minum, tidur saja. sampai2 mencret,hingga dia dehidrasi dan harus rawt inap selama 6 hari diRS . pokoknya saya anti yang nama nya di uap dan disedot. STOP. yang mau saya tanyakan ada gak solusi yang lain selain itu, krn hampir semua dokter disuruh uap n sedot, alasannya krn bayi tdk bs meludah. trima kasih

  14. terima kasih atas segala Informasinya

    • sama2 ya…, tks atas kunjungannya.

  15. buat ibu sulis, anak saya juga batuk pilek, grok-grok, ibu kasih minyak habbatusauda yg ditetes, sekarang banyak terdapat di apotik atau di toko-toko herbal, tambah propolis 2 tetes., campur di air susu , insya alloh dahaknya bisa keluar dan kalau rutin diberikan propolis daya tahan terhadap batuk pilek akan kuat

    • terima kasih atas sharing pengalamannya, semoga bermanfaat untuk yg lainnya…

  16. halo, kalo muntah dan gumoh pada bayi berhenti pada usia berapa ya//anak ku dah 4 bulan msh suka gumoh..trus dia juga sering bersuara krog-krog gitu..skrg dah 2 hari ni, idungnya kayannya mampet..n suka bersin2 n batuk..gimana ya

    • kalo pengalaman anak kami, saat kasus seperti itu adalah dilakukan ‘penguapan’, kemungkinan bayi tidak/belum bisa mengeluarkan cairan yg ada di tubuhnya sehingga menggumpal, dengan proses penguapan biasanya gumpalan tsb akan mencair, silakan konsultasikan dengan dokter terdekat anda. tks.

  17. berdasarkan pengalaman saya, seringnya gumoh pd bayi itu krn stelah minum asi ato susu bayi langsung ditidurkan bgitu sja seharusnya bayi tetap digendong dngn cara posisi badannya berada di dada qt dengan menepuk2 punggung bayi tsb sampai mnegeluarkan sendawa, baru qt tidurkan kembali…adapun jika bayi dibawah 6 bln mengalami batuk maupun pilek kurang dr 1 mggu ada baiknya penyembuhan menggunakan asi saja diperbanyak dr sblmnya, mandikan dngan air hangat,buat suasana kamar sehangat mungkin dngn cara menyimpan air panas dikamar dan biarkan uapnya menyebar dikamar sehingga si kecil dapat menghirupnya, jemur di pagi hari jika mlm hari ubun2nya beri bawang merah..apabila batuknya melebihi waktu 1 bln ada kemungkinan bayi tsbt mengalami alergi jd liat faktor pencetusnya apakah dr debu ato krn alergi dingin jd hindari hal2 yg menyebabkan bayi qt trkena alergi dibantu dngn cara trsbt di atas,itu dngn catatan batuk pileknya tanpa disertai demam tinggi, rewel, ato susah makan krn jika terjadi demikian sebaiknya dibawa ke dokter dikhawatirkan akan terkena telinga bagian tengah ato sinus dan supaya mendapatkan antibiotik, tapi jika hanya batuk dan pilek saja sebaiknya diobati dngn cara alami sja dulu krn batuk pilek disebabkan oleh virus, yg smpe skrng belum ada obatnya..

  18. anak saya baru 8 hari lahir kmrn di imunisasi kok 2 hari panasnya nggak turun turun yah 39 derajat c,knp yah dok?

  19. saya punya bayi umur 25 hari, saya ingin b’tanya, bagaimana mengatasi batuk flu si kecil? Mengingat usianya dibawah satu bulan dan minum susunya sangat kuat (20 hari sudah menghabiskan SGM sebanyak 5 KOTAK) obat apa yang paling aman? Mohon penjelasan.

  20. Saya punya balita usia 8 bulan..sejak usia 7bulan batuknya belum sembuh sampai sekarang, namun bayi saya sangat aktif..kadang jika diberimakan batuk sehingga muntah2.., pernah sy bw ke doktr specialis anak namun sudah 2minggu tdk ada perubaha,…apa yg harus saya lakukan..mohon bantuannya.

  21. saya punya balita umur 2 tahun ga mau makan cuma mau susu aja gimana caranya supaya anak saya doyan makan

  22. anak saya usia 5 bulan dia sakit batuk pilek,dia sudah saya bawa ke bidan dan diberi obat primtakol dan puyer tapi belum sembuh jg setelah obatnya habis saya bawa ke puskesmas kemudian diberi sirup kering amoxillin dan puyer tp tetep ja lom sembuh2 juga,,seharusnya bagaimana ya…
    terima kasih…

  23. selamat siang dok saya punya anak umur 7,5 bulan dan sekarang lagi batuk grok2 dan kemaren habis dinebul karena sebelumnya istri saya mencanpur buburnya dengan rasa kacang hijau apakah berpengaruh dan bagaimana cara mengeluarkan riaknya biar sembuh

  24. anak saya 2 bulan lebih sedikit, trus batuk pilek sudah 4 hari, berat badan turun, dah dicoba mengeluarkan dahaknya dan sudah bisa keluar, tapi batuk nya belum reda juga, apakah perlu dikasih obat selama ini belum pernah dikasih karena pake ASI eklusif,

  25. Assallamualaikum…..Terima kasih,mgkin dgn aday artikel ini saya jd lbi tau dan paham dgn apa yg sdang d alami oleh anak saya d usia 2,smga ini bsa mnjd wawasan dan ilmu pngetahuan tntang penyakit btuk pd anak2. Se kali lg saya ucapkan bnyk terima kasih. Wassalam..,

    • wa’alaikum salam wr wb
      sama2 pak… terima kasih juga atas kunjungannya.

  26. anak saya hari ini tepat 4 bulan, asi esklusif. dua hari yang lalu terkena flu dan batuk. kasihan ketika melihat dia susah bernafas dan batuk. apa yg harus sy berikan untuk meringankan penderitaannya? berapa lama masa normalnya sembuh jika hanya cukup diberi asi tanpa diberikan obat? apakah Nacl itu berbahaya jika diberikan pd bayi saya?

    • kalaupun obat silakan dicoba obat herbal untuk bayi/anak2. info dari teman dokter saya, selain itu usahakan kena cahaya matahari, hindari AC dan ibunya banyak makan buah dan sayur.
      tks atas kunjungannya.

  27. apakah imunisasi lanjutan itu perlu dan harus,.karena setelah 5x imunisasi pertama pada saat bayi usia 4 bulan saya belum melakukan imunisasi lagi karna waktu terakhir imunisasi dokter bilang habis ini imunisasi campak ya bu pada saat usia 9 bulan nanti,..begitu,mohon informasinya

  28. Assallamualaikum…..dok anakku umur 3’5 bulan pertanggal 29 nov kemaren batuk pilek hingga sekarang,pada tanggal tersebut saya sudah berobat pada tanggal 7 des ini,saya stop karna menurut saya sudah terlalu lama obatnya gimana ya dok,apa saya harus berobat lagi?

    • mhn maaf terlalu lama balasnya, sudah dicoba obat herbal bu??

  29. salam,dok anak saya umur 2bln dia terkena flu disertai batuk bahkan kemaren udah konsultasi sama dokter ahli sampai skrg blm sembuh jg dok,minta saran gmn cara nya supaya batuk filek nya berkurang thx…..y dok

    • obat yg dari dokter apakah obat kimia, kami sarankan mencoba obat herbal yg alami, seperti komentar di bawah.
      tks atas kunjungannya.

  30. aslm,,,
    dok anak saya umur 11 bln dia selalu terkena flu dan batuk setiap bulan sampai2 imunisasi y baru 2x di imunisasi.nah batuk dan flu yang di alami y sekarang udah terlalu lama, mintak saran pa harus di beri obat apa, supaya batuk dan flu berhenti sebelum dan sesudah y makasih dok

    • mhn maaf, kami infokan sebenarnya kami bukan dokter, namun baiklah kami coba bantu memberi informasi terkait obat herbal untuk batuk pada bayi (untuk bayi dan anak , lebik baik tidak dibiasakan diberi obat kimia), namun tetap konsultasi dengan dokter (anak) :

      untuk mengobati batuk :

      bahan : Madu + jeruk nipis (1:1)

      cara membuat :

      peras jeruk nipis, saring dan campurkan dengan madu.
      lalu bungkus dengan plastik dan kukus sebentar .

      setelah itu, biarkan agak dingin, dan minumkan ke bayi kita setiap pagi dan sore hari (2x sehari).

      rasanya, mmm segar , manis+asam2 sedikit

      jeruk nipis bisa diganti dengan air perasan kencur yang sudah diparut.

      catatan : bisa dibuat banyak sekaligus. biar tahan lama, simpan dalan wadah yang tertutup rapat, lalu taruh dikulkas. kalau mau diminumkan tinggal dipanaskan (wadahnya disiram air panas/air hangat)

  31. izin Bertanya Bertanya Dok,anak saya Umur 27 Hari dan Sekarang anak saya terkadang dimalam Hari Kelihatannya Susah Bernapas,Seperti ada Lendir Di tenggorokannya dan terkadang mengeluarkan batuk.dan Sekarang anak saya sudah Berobat Ke Dokter spesialis anak lalu Dikasihkan obat(TAXIME),yang saya Pikirkan apakah boleh anak yang Berumur 25 Hari Minum obat tersebut Dok.bukan saya tidak percaya sama dokter tersebut.jadi Mohon Petunjuk dok,Biar saya tenang dan Tidak Khawatir Terhadap anak saya?………..Thankzs dok”

  32. izin bertanya dok, anak saya usia 3 bulan, dia baru dua hari ini mengalami batuk flu, gejalanya napas anak saya agak kasar (seperti ada yang menyumbat hidungnya) tapi saat di hisap tidak ada cairan yang menyumbat, dan batuk anak saya semangkin parah saat udara dingin atau malam hari, jadi apa yang harus saya lakukan? sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  33. mau bertanya ,
    usia anak saya 1 tahun udah hmpr 1 minggu batuk pilek. sblum nya cuma batuk pilek aja tp setelah minum sirup bisolvon, tremenza dan amoxsan bdan nya jd panas. knpa y, pa tu reaksi dari obat nya ? mksh

  34. saya dan bayi saya sedang kena batuk flu apa perlu saya minum obat ? dan langkah apa yang harus saya lakukan terima kasih

  35. salam. tulisan yang bermanfaat. semoga bisa terus berbagi informasi untuk saya dan bunda yang lain.

  36. Trimksh ilmunya :)

  37. slmmkm, bayi saya umurnya baru 45hari,trus dia batuk pilek,klo badannya di olesi campuran bawang merah sama minyak telon itu nggak apa2?trus ubun2nya jga di kasih parutan bawang merah apa itu jga boleh?mhon jawabannya makasih

  38. bayi saya 2,5 bulan terserang batu sudah 2 minggu tidak sembuh2 tetapi frekwensi minumnya tetap dan tidak rewel… menurut dr apa penyebab dan bagaimana penangannanya kr sudah dapat obat dari dr SPA… mohon arahannya

  39. Saya senang bisa gabung di sini,
    saya punya anak sekarang lagi batuk kalo malam, dan klo lagi minum takutnya di muntahin lagi kasihan kalo posisi dia lagi tidur.

  40. selamat malam mbk.saya punya bayi sekarang usianya 8 bln.rafa sekarang lg pilek mba.bolehkah tidur di kamar ber ac.kalau tidak pake ac.tidak mau tidur.thnks

  41. ass sist
    saya punya ank umur 2 bulan lha skrang nii lgy batuk dan pilek
    padahal sudah saya beri neo tiraminic pilek sama fenistil drops tapi kok nggk smbuh2 yha btuk n pileknya ?!

  42. saya punya anak umur 8 bulan, lagi batuk dan sedikit ingusan, batuknya sehari tu palng bnyak mngkn 6 kali, gimana ya cr mengatasinya, bahaya pa ngak ya

  43. Sya pnya ank usia 16 bulan,dia lgi skit batuk,pilek,pns ,klw btuk muntah2 3 Kali.gmn ya cra mngobati nya &bhya ga y pak

  44. siang dok saya punya anak 3 bln lbh anak saya sekarang lagi batuk,filek kursng lebih udah ada 3/2hari ini,begitu juga dengan saya juga filek. yang saya mau tanyakan ada obat gak sih buat ngatasin batuk,filek anak saya,emang nya boleh ibu menyusui minum obat warung??

  45. bayi saya umur 13 bulab batuk berdahak n setelah itu muntah, sama pilek kental yang terus menerus, bagaimana cara mengatasinya secara alami?

  46. Mohon arahannya anak sy umur 4.5 bulan tertular batuk oleh baby sister sudah dibawa kedokter 1 minggu yg lalu n sdh diksh obat batuk (mucopex) batuknya sih sudah berkurang tp anakku kupingnya suka gatal2 n keluar kotoran dr kping,sudah dibersihkan tp keluar lg, knp ya? Apakah berbahaya? mhn petunjuknya, trims

  47. Anakku dr usia 1 bln sdh mulai terkena flu dan skrg d usianya 4 bln,anakku msh sering terkena flu dan bahkan mudah tertular flu..bgmn solusinya??krn klo di kasih obat secara terus menerus,saya khawatir dan takut krn dia msh terlalu kecil. Mohon solusinya, terima kasih

  48. ankku bru usia 3 minggu, trkena pilek. saya belum periksa ke dokter, tapi tidurnya tetap nyenyak dan kosumsi ASI nya juga tetap seprti biasa kadang lebih lama nyusunya. saya cuma memijat bagian atas matanya dan mengolesi hidungnya dengan baby oil saja karena katanya kalau pilek bagian itu paling terasa tidak nyaman dan tadi pagi kotoran hidungnya yang udh kering keluar lumayan banyak. apa tindakan yang saya lakukan tepat dengan memijat bagian atas matanya?

  49. Mlm dok.saya mau tanya ank saya umr 2 bln hidungnya tersumbt tp g pilek.klo upilnya keluar hidungny udh g tersumbt lg.ap obtnya supaya hidung ank saya ga tersumbt

  50. anak saya sejak usia 5 bulan ni jg batuk pilek..kalo malam batuk seakan2 mau memuntahkan dan mengeluarkan lendirnya tp susah jd nangis..dan BAB nya kok warnanya item.kenapa ya?..apakah makanan ibu berpengaruh ya? karena kerja ASI tak sambung dg susu formula

  51. dok, anak saya usianya baru 26 hari, sepertinya kena filek jdi pernafasannya terganggu klo d tidurin, jadi susah tidur & nagis terus. mohon solusinya dokter. makasih

  52. saya bapak dari bayi usia 5 bulan. anak saya batu berdahak dan pilek. tp sekarang pileknya dah sembuh tinggal batuk berdahaknya.terkadang di kasih minum susu ataupun minum obat, dia sering kali muntah (hmpir setiap kali). saya periksakan di bidan, katanya tidak masalah. bgmn dok?sya jd bingung mikir si kecil

  53. As,sy Ibu dr bayi umur 5bln/11hr,uda hmpr semiggu batuk pilek,tp Blm dipriksa k’dr maupun bidan,tp sy cuma mnt obat saja,tp smpe skrg Blm sembuh,tp lendir kluar aja lwt muntahanx,cuma klo setiap batuk psti dia nangis,sy takut klo ada radang tenggorokan,mohon saranx,trimakasih sblmx

  54. pagi mba ak pnya anak skr usia 2th bln kmrin sempat batuk pilek sampai kena infeksi telinga trus skr pilek lg tapi ga ada batuk ak takut dia kena infeksi telinga lg apa yg harus ak lakukan ya,trus apa boleh di mandiin

  55. menghisap ingus dr hidung bayi merupakan tindakan yg benar atw salah sih?

  56. hi. aku seorang ayah yg sayang bngt sma putri prtama ku ini. Ikut gabung dan mw tanya putri ku umur 11bln dia skrg mengalami batuk n ngorok setiap habis mnum susu dia langsung batuk2 dan muntah.putriku pke susu formula..gmn y solusi n cara atasinya

  57. Thanx bgt info’y sngt mmbantu bgt,,,

  58. [...] mediasurviva.wordpress.com [...]

  59. Bayiqu umurnya 2 bln,aq seorang perawat,aq ksi syrup ambroxol drops dan paracetamol drop,itupun aq dptkan dari dr.Anak ditempatqu bekerja…kalau diukur suhunya msih normal,tapi kepalanya panas,dan lendirnya kental sekali,apa boleh lgsung diberi obat2an tersebut.

  60. Salam kenal dok
    Saya orang tua dari bayi usia 3 minggu bayi saya batuk dok
    Gmna cara obatin ya

  61. assalamuallaikum. salam kenal dok . dok anak saya udah 3hari ini batuk2dan pilek usianya bru 6bulan apakah saya hrus bwa kedokter

  62. Saya bundanya zeva ,,Anak saya umurnya 4 bulan ,,anak saya batuk2 udah ada 2 minggu lebih ,,udah saya bawa ke sana ke sini tapi batuknya gak hilang2 ..saya harus bagaimana ya? .
    Terimakasih .

  63. @all, semoga bisa menambah jawaban :
    BATUK PADA ANAK
    By Iin Muthmainnah, Sumiati Istrizain and Hermansyah Irwan in Room for Children (Files) · Edit Doc
    dr. Hermansyah Irwan, Sp. A

    Haruskah ke dokter bila balita batuk?

    Kunjungi dokter bila anak batuk lebih dari seminggu. Juga periksakan ke dokter bila anak anda:
    1. berusia kurang dari 3 bulan
    2. bernapas lebih cepat dari biasanya atau terlihat sulit bernapas
    3. mengi
    4. batuk berdarah
    5. demam tinggi
    6. menderita penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan paru

    Bolehkah Saya Memberikan Anak Saya Obat Batuk?

    Kini banyak ahli yang cenderung berpendapat bahwa obat batuk dan flu yang diperoleh tanpa resep (nonprescription medicines) tidak efektif atau bahkan potensial berbahaya untuk anak di bawah usia 6 tahun sehingga obat-obat ini banyak ditinjau ulang.

    Banyak dokter tidak menganjurkan penggunaan obat-obat bebas untuk anak kecil (balita). The American Academy of Pediatrics memperingatkan para orang tua untuk tidak menggunakan produk-produk ini untuk anak di bawah usia 3 tahun tanpa resep dokter. Pada bulan Agustus 2007 Food and Drug Administration (FDA) Amerika mengeluarkan peringatan bahwa anak di bawah usia 2 tahun tidak diberikan obat-obat flu kecuali dokter menyarankannya.

    Bahkan apabila anda berpikir anak anda hanya menderita flu biasa, tanyakan pada dokter sebelum memberikan anak anda obat bebas berupa obat anti batuk (cough suppressant, expectorant), atau antihistamin

    Apabila anda toh akan memberikan juga anak anda obat batuk over-the-counter, yakinkan diri anda sudah sesuai usia anak, ukurlah dosis secara tepat dan hati-hati sesuai petunjuk.

    Apa Penyebab Batuk Anak Saya?

    Banyak penyebab batuk, berikut ini adalah penyebab yang paling sering:

    Common cold
    Apabila anak anda menderita flu, disertai hidung meler atau tersumbat, bersin, batuk, mata berair, nafsu makan menurun, atau demam ringan.

    Respiratory syncytial virus
    Respiratory syncytial virus (RSV) sering menyerang bayi dan anak kecil, tetapi dapat terjadi pada semua usia. Gejala mirip flu, dengan batuk yang semakin berat dan kesulitan bernapas.

    RSV kadang ringan, tapi dapat menjadi berat seperti bronkiolitis (peradangan pada saluran napas kecil) dan pnemonia (peradangan paru)-khususnya pada bayi di baway usia 1 tahun.

    Alergi, asma, dan iritan
    Anak yang alergi terhadap sesuatu seperti tungau debu rumah sering menderita flu yang tidak sembuh-sembuh. Alergi dapat juga menyebabkan hidung tersumbat atau meler (dengan lendir/mucus yang bening). Lendir mengalir ke bawah di bagian belakang sinus ke tenggorokan (disebut ‘postnasal drip”), menyebabkan batuk.

    Anak asma cenderung banyak batuk, khususnya pada malam hari. Bila menderita asma, anak anda dapat mengalami kesulitan bernapas dan mengeluarkan mengi (wheezing’). Biasanya anak anda menderita alergi atau keluarga mempunyai riwayat alergi atau asma. Indikator lain bahwa penyebab batuknya adalah asma adalah ketika anak anda batuk setelah berlari-larian. Ini suatu kondisi yang disebut ‘exercise-induced asthma’.
    Kemungkinan lain adalah iritan seperti asap rokok atau polusi-bukan alergen-yang menyebabkan anak anda batuk. Tentu saja pada kasus ini harus diidentifikasi dan dihilangkan penyebabnya.

    Pneumonia
    Banyak kasus pnemonia, yang merupakan infeksi paru, berawal dari flu biasa. Apabila anak anda menderita flu yang tampaknya semakin berat, dengan batuk yang menetap, kesulitan bernapas, demam, menggigil, segeralah ke dokter.

    Sinusitis
    Bila anak anda batuk dan pilek lebih dari 10 hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan – dan dokter tidak mendiagnosis pnemonia – maka kemungkinan anak anda menderita sinusitis. Infeksi rongga sinus oleh bakteri ini menyebabkan batuk berkepanjangan karena lendir/mucus terus menerus mengalir ke bawah di belakang tenggorokan, merangsang refleks batuk. Bila dokter mendiagnosis anak anda menderita sinusitis, maka dokter akan meresepkan antibiotika. Ketika sinus bersih lagi, seharusnya batuk berhenti. Banyak dokter, tidak yakin anak kecil dapat menderita infeksi sinus karena rongga sinus belum sempurna dan lebih memilih pendekatan menunggu daripada meresepkan obat.

  64. Hemss maksih infonya,,ank pertmanya saya batuk pilek,tpi dia klo tdur c nyenyak,pling bangu klo dia ngerasa susah napas klo mbun2 nya udah saya kasih minyak telon tdur lg,,cuma saya khawatirnya ank saya klo mau tdur rewel,itu hal biasa atau bukn yahh??
    Makasih

  65. Terima kasih infonya sangat membantu…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: