Posted by: media surviva | 14 April 2009

Lima Tahun Ini Hutang RI Bertambah 400Trilyun

Dalam acara Economic Challenge, Hendry Saparini (pengamat Econit) menyatakan bahwa “Jika saja semua rakyat Indonesia tahu kondisi perekonomian kita sebenarnya, maka bisa dipastikan rakyat tidak akan memilih untuk  melanjutkan pemerintahan yang sekarang”.

Menurut data Econit, ternyata selama 5 tahun ini hutang Pemerintah RI bertambah 400 Trilyun.  Wow…

(dari sumber berita lain)
VIVAnews – Utang luar negeri Indonesia yang jatuh tempo sepanjang 2009 ini tercatat Rp 100 triliun. Total utang yang ada di dalam pembukuan pemerintah mencapai Rp 1.500 triliun.

“Yang jatuh tempo tahun ini Rp 100 triliun, kebanyakan bulan Juni jatuh temponya,” kata Dirjen Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Rahmat Waluyanto di sela-sela rapat dengan Komisi Keuangan DPR, Jakarta, Senin 16 Februari 2009.
 Menurutnya,  pemerintah telah membayar utang luar negeri pada Januari, namun dia mengaku lupa berapa utang yang telah dibayarkan dan kepada siapa pembayaran dilakukan.
 
Meski utang yang jatuh tempo cukup besar, Rahmat meyakinkan pembayaran utang itu tidak mempengaruhi neraca pembayaran, karena diimbangi dengan refinancing untuk menutup defisit.  “Jumlahnya sama (antara refinancing dengan defisit),” kata dia.
 Sementara terkait nilai tukar rupiah yang melemah, Rahmat mengakui, kondisi ini akan mempengaruhi jumlah pembayaran. Namun pemerintah telah mengantisipasi risiko itu dalam menyusun anggaran.

Kira-kira bagaimana solusi pembayarannya yah…, buat APBN saja ngutang lagi, ngutang lagi….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: