Posted by: media surviva | 6 May 2009

Tips Menjaga Mood

Ketika Anda frustrasi dengan masalah, kecenderungan yang akan muncul adalah sikap Anda yang merasa menjadi manusia paling merana sedunia. Well, terkadang meluapkan kesedihan boleh-boleh saja tapi jangan dibiasakan. Ada banyak cara untuk menuju kehidupan yang lebih baik dan itu bukan dengan mengasihani diri.

Dr. Donald Schnell, salah satu pendiri dari The Spiritual Java Coaching Programme (http://www.spiritualjava.com/) memberikan 7 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

  1. Selalu tanyakan pada diri Anda apabila Anda frustrasi menghadapi masalah. Misal: “Bagaimana caranya agar pekerjaan ini bisa lebih menyenangkan, lebih mudah dikerjakan, lebih cepat selesai, lebih baik?”
  2. Ciptakan ketertarikan dan rasa ingin tahu yang besar terhadap diri sendiri atau hal-hal di sekitar Anda. Sikap ini akan membuat Anda termotivasi untuk mengetahui sesuatu yang baru dan menyelesaikan sebuah masalah.
  3. Terima kekurangan Anda. Semua orang memiliki kekurangan, jadi jangan terfokus bagaimana caranya agar Anda tidak memiliki kekurangan. Sebaliknya, carilah teman yang sekiranya bisa membantu Anda mengatasi kekurangan tersebut.
  4. Jangan pernah berhenti belajar. Sama halnya dengan tubuh kita, otak kita juga perlu dilatih setiap hari, jika tidak otak kita akan menjadi lemah. Buka mata Anda dan Anda akan lihat setiap hari pasti ada hal baru yang bisa Anda pelajari dan membuat hidup Anda menjadi lebih baik.
  5. Maksimalkan hari ini. Maksudnya jangan sia-siakan waktu dan belajar menghargai hal-hal baik dan benar. Jangan sampai Anda kehilangan hal-hal yang menakjubkan dalam hidup Anda hari ini, ketika Anda disibukkan dengan mereka-reka masa depan.
  6. Jangan hidup di masa silam. Hal ini menekankan Anda untuk konsentrasi di masa ini yaitu hari ini. Yang lalu biarlah berlalu karena tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya kecuali yang bisa Anda lakukan hari ini. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan hari ini, lakukanlah!!
  7. Berenang mengikuti arus. Jangan membuang waktu dengan hal yang tidak dapat Anda kendalikan. Atau dengan kata lain, konsentrasilah dengan apa yang dapat Anda kontrol. Misal: pekerjaan Anda, buku yang Anda baca, teman yang Anda peluk, kapan harus tertawa, kemana Anda pergi, apa yang Anda pikirkan atau lakukan, dsb.

Nah, setelah Anda tahu langkah-langkah tersebut, Anda bisa dengan mudah merubah paradigma yang biasa muncul ketika Anda menghadapi stres. Dengan begitu, hidup Anda akan lebih ceria. Semoga berhasil.

Sumber: conectique

Selain langkah-langkah tersebut ada baiknya kalau ditambah dengan :

  1. Jaga kondisi kesehatan, apapun langkah yang kita tempuh dari nomor 1-7, jika badan sedang sakit, usaha tersebut tidak akan optimal, bahkan mungkin gagal
  2. kita niatkan apa yang kita lakukan semua adalah memiliki nilai ibadah. sesuatu yang dilakukan serius, tidak main-main/malas-malasan, punya potensi untuk bernilai ibadah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: