Posted by: media surviva | 8 May 2009

Pay TV Illegal 685 buah, Omzet 504 Milyar!

Operator yang punya izin resmi menyelenggarakan siaran berbayar (pay TV) di Indonesia sejatinya cuma enam perusahaan (MNC Sky Vision (Indovision), Aora Nusantara (Aora TV), Nusantara Sky Vision (Top TV), Telkom Vision (Yes TV), Indosat Mega Media (IM2), dan First Media (Kabel TV)). Namun siapa sangka, yang ilegal jumlahnya bisa 100 kali lebih banyak. Tepatnya ada 685 operator ilegal!

Berdasarkan hasil investigasi Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI), operator pay TV ilegal itu beroperasi di wilayah Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Batam. Mereka sudah beroperasi sejak tahun 2002.

Berdasarkan hitung-hitungan APMI, jika satu pelanggan pay TV ilegal membayar Rp 30 ribu untuk biaya langganan satu bulan, maka seluruh 685 operator ilegal itu bisa mengantungi Rp 42 miliar dalam sebulan atau Rp 504 miliar selama setahun.

Padahal, angka pendapatan fantastis ini didapat operator ilegal itu cuma dengan modal tak sampai Rp 500 juta. Modal itu digunakan untuk membel decoder (head end) untuk menangkap sinyal siaran, perangkat repeater, kabel fiber optik untuk saluran primer di operator, dan kabel coaxial untuk sambungan ke rumah pelanggan.

Heru Nugroho, salah satu direktur di PT Fasindo Jaya Kabel kepada detikINET. Fasindo merupakan salah satu perusahaan penyedia televisi berlangganan yang beroperasi di Jawa Barat, terutama di Kota Bandung. Dia mengatakan “Tak semua pengelola televisi berbayar (Pay TV) di daerah adalah ilegal. Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI) diminta untuk lebih hati-hati dan tidak sembarangan menuding.”
Menurut Heru, meskipun perusahaannya bukan anggota APMI, itu tidak berarti perusahaannya ilegal. “Jangan asal omong dong. Jangan bilang kalau yang lain adalah ilegal,” tukas Heru.

sumber : detik.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: