Posted by: media surviva | 18 May 2009

Cikaracak Ninggang Batu, Laun-laun Jadi Legok

Saya mengambil perumpamaan dalam tindakan kita mencapai suatu tujuan yang besar, yang tidak mungkin kita raih dengan sebuah langkah atau tindakan besar. Anda tahu, sebongkah batu besar tidak akan berubah dengan satu siraman tangki penuh air, tapi setiap tetes air yang terus menimpa batu tersebut lama-kelamaan akan membentuk lubang yang merubah bentuk batu itu sendiri. Seperti pepatah sunda “Cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi legok” (kucuran air menimpa sebuah batu, lala-lama menjadi lubang).
Kita jangan menganggap bahwa tujuan atau cita-cita besar kita tidak bisa kita raih, kecuali dengan usaha besar yang harus kita lakukan. Sedangkan kita tidak punya kemampuan melakukan langkah-langkah besar tersebut.
janganlah berkecil hati, kita bisa memulainya dengan tindakan-tindakan kecil meskipun akan menambah waktu dalam mencapai apa yang kita inginkan. Dari pada tenaga kita habis ditengah jalan dan akhirnya tidak bisa mencapai tujuan tersebut?. Jangan sepelekan tindakan-tindakan kecil yang mampu merubah hidup anda.
Semakin bertambah waktu kita melakukan hal-hal sederhana, semakin banyak pula kita belajar, semakin siap pula kita menghadapi tujuan yang akan dicapai. Dari pada waktu dan tenaga kita dihabiskan melakukan usaha yang besar dan mendapat tujuan yang terlalu cepat sehingga kita terkejut dan tidak pernah terencana apa yang akan kita lakukan dengan hasil yang kita dapa!.

“Tujuan Yang Besar, Jika kita Tidak Bisa Meraihnya Dengan Satu tindakan Besar, Mulailah Dengan Usaha-Usaha Sederhana dengan Penuh Semangat.


Responses

  1. termakasih infonya, sangat bermanfaat , Adriana


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: