Posted by: media surviva | 27 May 2009

Manfaat Cokelat

Cokelat tak hanya lezat. Coklat juga kaya manfaat, untuk si kecil hingga orang dewasa. Simak cara terbaik menikmatinya!

Sederet penelitian menunjukkan, cokelat kaya akan gizi. Baik bagi orang dewasa, bahkan juga anak-anak. Meskipun demikian, khusus untuk anak, ingatkan selalu untuk menyikat gigi setelah menikmatinya.

Tidak semua lemak jahat
Jika Anda sedang berdiet, tak perlu khawatir, cokelat tidak sekonyong-konyong membuat tubuh Anda jadi melar. Tidak bisa dibantah, biji buah kakao sebagai bahan dasar cokelat memang mengandung lemak cokelat yang cukup tinggi yakni 31% disusul karbohidrat 14% dan protein 9%. Namun, lemak cokelat dicerna lama dan terserap sedikit oleh tubuh, sehingga tidak memicu kolesterol darah meningkat.

Lemak cokelat merupakan asam lemak jenuh (asam stearat) sehingga tidak meningkatkan LDL (low desity lipoprotein) atau kolesterol, “si lemak jahat”.

Asam stearat yang terkandung dalam cokelat ini akan diubah menjadi asam oleat (omega 9) yang tidak jenuh dan membuat jantung menjadi bugar. Cokelat kemudian mampu menekan oksidasi kolesterol.

Menariknya, cokelat juga dianggap sebagai obat awet muda karena penuaan kerap dikaitkan dengan merosotnya kesehatan pembuluh darah. Hal ini didukung oleh penelitian yang diantaranya dilakukan oleh dr. Naomi Fischer, asisten profesor di Fakultas Kedokteran Harvard, Amerika Serikat. Menurutnya, cokelat yang kaya akan flavonoid mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Penelitian yang terkait soal cokelat juga oleh produsen cokelat terkemuka Amerika melalui penelitinya, Harold Scmitz Ph.D, “Cokelat diharapkan mampu menurunkan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah. Di masa depan, cokelat bisa jadi berpotensi menjadi obat gangguan jantung, stroke dan pembuluh darah”.

Cara Menikmati Coklat

  • Kudapan, berupa cokelat hitam batangan atau dalam bentuk lain. Sebaiknya pilih cokelat hitam yang bahan dasar cokelatnya lebih banyak sekitar 50-70% ketimbang campurannya.
  • Minuman, seperti cokelat panas, dingin atau yoghurt
  • Pelengkap makanan lain, seperti dioleskan pada isi roti. Jangan salah memilih, hanya warnanya saja yang cokelat namun kandungannya terlalu banyak gula dan lemak

Khasiat Cokelat hitam

  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengobati batuk
  • Mencegah stroke
  • Menurunkan kolesterol
  • Aprodisiak (mendongkrak gairah)
  • Membuat otak rileks sehingga kita menjadi santai dan lebih tenang

(sumber : ayahbunda.co.id)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: