Posted by: media surviva | 27 May 2009

Money Changer Illegal di Bali

Aku mo berbagi pengalaman dengan teman2 ttg money changer illegal di Bali, mungkin kalau teman2 perhatikan disepanjang jalan Kuta dan Legian, Bali banyak sekali money changer2 yang menawarkan harga tukar mata uang lebih tinggi, misalnya di money changer legal (di money changer legal biasanya mereka mencantumkan nomor pendaftaran mereka) nilai saat itu mata uang 1 Euro = Rp. 11.900,- di money changer ilegal ini bisa sampai Rp. 13.100,- tapi jangan percaya begitu saja.

Pengalaman aku 2x tertipu dengan money changer ini. Mereka sangat pintar sekali dalam mengakali gimana caranya mereka bisa ‘nyuri’. Suamiku dan aku penasaran kenapa kok setiap tukar uang rasanya kurang dari yang seharusnya, setiap trip kita biasanya menghitung pengeluaran setiap hari, dan menghitung kembali dengan rupiah yang kita punya kok kurang melulu. Akhirnya satu malam kita coba2 untuk tukar uang di Jl. Legian, Bali di 3 money changer yang berbeda karena saking penasarannya, itung2 penelitian kenapa uang yang ditukarkan selalu kurang. Dan ya ampunn….akhirnya kita tahu kalau mereka itu berbuat curang dengan cara menjatuhkan uang yang mereka kasih buat kita dengan cepat sekali. Jadi begini, mereka biasanya ngasih kita dengan uang Rp. 20.000 an,

Dan ngebayang dong, kalau nukar Euro 100 aja udah segepok tuh duit pa lagi dengan lembaran Rp. 20.000. Pertama mereka menghitung berapa jumlah total yang akan kita terima lalu mulai menghitung uang dan meminta kita pun menghitung uang kembali. Dan setelah jumlah semuanya benar, mereka akan minta ijin untuk menghitung uang kembali dengan alasan supaya pasti jumlahnya benar, dan saat inilah mereka coba menjatuhkan uang ke lantai dengan cepat sehingga kita ngga sadar (udah kaya di acara sulap2 di TV). Ada juga yang mencoba mengalihkan perhatian kita pada saat menghitung uang. Mereka ngajak ngomong yang nanya2 kerja dimanalah, trs suami saya asalnya dari mana, dan ada juga yang berusaha menunjukkan motor barunyalah supaya kita tidak konsen dalam menghitung uang.

Akhirnya kita tahu kenapa uang kita selalu kurang padahal baru tukar uang hari itu juga. Sayangnya kita tidak bisa report kejadian ini ke polisi karena memang tidak ada barang bukti sama sekali.
Mudah2an teman-teman berhati-hati dan mohon sebarkan email ini supaya tidak ada korban selanjutnya dan kalau ada yang punya teman-teman warga negara asing, mohon dihimbau juga supaya jangan menukar uang di tempat2 seperti ini. Lebih baik langsung pergi ke money changer legal.

Thanks,
Natalie


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: