Posted by: media surviva | 18 June 2009

Penipuan Melalui Hypnotis

Penipuan melalui hypnotis mungkin sudah sering kita mendengarnya.. tapi begitu kejadian tersebut terjadi pada ibu saya sendiri, terus terang bikin kaget juga. Namun ambil hikmahnya bahwa kita harus lebih berhati2.

Korban terutama adalah ibu-ibu (mungkin dengan pertimbangan mereka lebih ramah) dan biasanya terjadi setelah mereka melakukan urusan di bank. Penipu berpakaian rapi dan bertampang seperti arab atau india. Biasanya menanyakan suatu alamat dan mengaku berasal dari negara tetangga. Tadinya satu orang yang bertanya tapi apabila kita menjawab, datang lagi beberapa orang ikut serta dalam percakapan. Melalui percakapan dan sentuhan (misal tepukan atau salaman) proses hipnotis berlangsung, sehingga korban patuh pada perintah para penipu dan menjawab semua pertanyaan para penipu dengan jujur, seperti alamat, no. Telpon, jumlah uang di bank, membawa buku bank atau tidak, dll.

Sebagai tindak pencegahan, sebaiknya:

  • Apabila selesai melakukan urusan di bank, harap lebih waspada !!!
  • Apabila ada orang tidak dikenal yang menanyakan alamat atau mau tukar uang asing, jawab seperlunya, apalagi bila ada beberapa orang kemudain ikut datang dan terlibat dalam percakapan. Segera pergi !!!
  • Kalau bisa bawa kartu atm atau kredit seperlunya. Kartu atm yang dibawa-bawa sebaiknya yang isinya tidak terlalu banyak misal hanya cukup untuk kebutuhan sebulan.
  • Pada para pedagang handphone, apabila terjadi transaksi penjualan handphone yang tidak biasa misal berjumlah lebih dari 2 buah, harap memberi perhatian yang lebih terhadap pembeli tersebut, apabila dirasa mencurigakan, tolong laporkan kepada petugas keamanan.
  • Apabila nasabah perbankan sudah selesai melakukan transaksi kemudian kembali lagi pada hari yang sama untuk melakukan pengambilan dalam jumlah yang cukup besar (kan tercetak di dalam buku), tolong para teller agar menaruh perhatian, dengan memberi pertanyaan yang lebih banyak, misal untuk keperluan apa atau datang ke bank tersebut dengan siapa, kalau perlu tolong hubungi rumah nasabah untuk memberitahu transaksi perbankan yang dilakukan oleh nasabah tersebut, terutama untuk nasabah ibu-ibu.

Semoga dengan pemberitahuan ini, penipuan dengan model hypnotis ini dapat dicegah. Syukur-syukur apabila pelakunya dapat ditindak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: