Posted by: media surviva | 27 July 2009

Berkreasi di Pekan ASI : Lomba Menulis dan Photo

Memperingati Pekan ASI Sedunia, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Sentra Laktasi Indonesia dan HUT RI, kami mengajak teman-teman untuk berkreasi di pekan ASI sedunia. Dengan Tema : “Menyusui dalam Situasi Darurat Menyelamatkan Jiwa dan Nyawa”.

Konteks Darurat tidak hanya terfokus pada bencana alam, tapi dalam konteks lebih luas. Kekerasan dalam rumah tangga, korban kekerasan akiban konflik, tidak tersedianya dukungan dan sarana dari keluarga dan lingkungan, dan situasi apapun yang membuat menyusui sulit dilakukan termasuk didalamnya penyakit, seperti HIV/AIDS dan lain2.

Adapun kriteria lomba diantaranya :

1.Pengalaman bagaimana ASI dan Menyusui menjadi penyelamat jiwa dan nyawa

Merupakan kisah nyata (baik pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain dalam menyusui), atau pengalaman menolong ibu menyusui dalam “keadaan darurat”.

Bentuk tulisan berupa cerita pendek dengan font Arial ukuran 12, ukuran kertas A4 dengan jarak kiri, kanan atas dan bawah 2 CM, spasi 1,5 dengan banyak halaman maksimal 6 halaman.
Peserta : Umum
Hadiah : Uang tunai Rp. 400.000 untuk tulisan dengan nilai tertinggi, dan souvenir dari partner untuk tulisan terbaik kedua dan ketiga.

2.Renungan bagi ibu “Menyusui menyelamatkan jiwa dan nyawa”

Berupa tulisan dalam bentuk ajakan, puisi, tulisan penggugah, do’a, cerita atau kutipan (ayat suci atau buku filsafat) yang menunjukan bahwa menyusui dapat menyelamatkan jiwa dan mental manusia, khususnya dalam situasi darurat, penderaan mental ibu menyusui, kekerasan pada perempuan dan anak-anak, serta penyakit menular.

Sumber kutipan dicantumkan. Naskah yang mengutip beberapa sumber/referensi lebih disukai. Font Arial ukuran 12, ukuran kertas A4 dengan jarak kiri, kanan atas dan bawah 2 CM, spasi 1,5 dengan banyak halaman minimal 300 kata, maksimal 2 halaman.

Target Peserta : Umum
Hadiah : Uang tunai Rp. 400.000 untuk tulisan dengan nilai tertinggi, dan souvenir dari partner untuk tulisan terbaik kedua dan ketiga.

3.Literature review

Tulisan ilmiah dalam bentuk review dari publikasi ilmiah internasional yang dipublikasikan 2007-2009 dengan tema “menyusui dapat menyelamatkan jiwa dan mental manusia, khususnya dalam keadaan darurat, situasi bencana, kekerasan pada perempuan dan anak-anak (konflik, KDRT), penyakit bawaan pada bayi, serta penyakit menular (khususnya HIV)”.

Tulisan terdiri dari:
a.Pendahuluan
Berisi latar belakang & alasan singkat mengapa naskah ditulis/topik tersebut dipilih
b.Pembahasan data, interpretasi dan evaluasinya.
c.Kesimpulan
Bila ada istilah atau singkatan, mohon cantumkan pula keterangannya.

Tulisan dengan font Arial ukuran 12, ukuran kertas A4 dengan jarak kiri, kanan atas dan bawah 2 CM, spasi 1,5 dengan banyak halaman maksimal 6 halaman. CV lengkap penulis harap dilampirkan.
Target Peserta : Tenaga Kesehatan
Hadiah : Uang tunai Rp. 400.000 untuk tulisan dengan nilai tertinggi, dan souvenir dari partner untuk tulisan terbaik kedua dan ketiga.

4.Foto – Menyusui menyelamatkan jiwa dan nyawa

Foto kegiatan menyusui dengan latar belakang keadaan darurat.
Target Peserta : Umum
Hadiah : Uang tunai Rp. 400.000 untuk foto dengan nilai tertinggi, dan souvenir dari partner untuk foto terbaik kedua dan ketiga. (majalah edisi 1 tahun untuk peserta Jakarta)

5.Foto – Kreatif mendukung ibu & bayi menyusui

Berbagai foto yang dapat mencerminkan ide kreatif yang mendukung bagi ibu menyusui:
– tempat untuk menyusui
– peralatan untuk menyusui
– bantuan untuk menyusui
– pakaian untuk menyusui
– dll

Target Peserta : Umum
Hadiah : Uang tunai Rp. 400.000 untuk karya paling kreatif , dan souvenir dari partner untuk karya terkreatif kedua dan ketiga. (gimmick dari sponsor boutique)

Kreasi/karya dikirim melalui email wbw.selasi@gmail.com selama pekan ASI atau dari tanggal 1 – 10 Agustus 2009 dengan menulis Nama, background pendidikan, alamat lengkap (plus kode pos), No HP/rumah yg bisa dihubungi.

Pemenang akan diumumkan di facebook Sentra Laktasi Indonesia dan group facebook “Mari Dukung ibu untuk menyusui” pada 17 Agustus 2009.
Semua karya yang diterima selasi menjadi hak selasi dan akan digunakan sebagai media kampanye ASI selasi, dan akan dimuat di websites selasi.

Mari berkreasi untuk kampanye ASI, mari berbuat meski sedikit untuk penyebaran informasi dan dukungan terhadap ibu menyusui. Karena menyusui itu kebutuhan.

Jakarta, 24 Juli 2009

Panitia Pekan ASI Sedunia
Sentra Laktasi Indonesia
http://www.selasi.net
021-83795168


Responses

  1. info yang sangat bagus, kritis dan membangun….. trim’s


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: