Posted by: media surviva | 20 October 2009

Tips Ngemil yang Sehat

Ngemil merupakan salah satu cara mendapatkan kepuasan dari himpitan tekanan hidup. Padahal semakin sering ngemil, seseorang makin sering dikejar rasa bersalah karena dihantui kegemukan dan berpola hidup tak sehat.

Tak perlu cemas, ada cara ngemil sehat yang bisa anda coba berikut ini :

Ngemil biasanya datang karena stres. Ya, makan hanyalah pelarian dari kondisi tersebut. Oleh karenanya, temukan penyebab stres anda hingga tak mencoba mencari penghiburan lewat makanan yang tak menyehatkan. Khusus untuk ibu hamil yang biasanya memiliki mood tak menentu, sediakan camilan sehat terdiri dari buah-buahan atau sayuran.

Sebaiknya stok lemari makan atau kulkas anda dengan makanan sehat mengenyangkan seperti pop corn, roti kering, nasi goreng, jus buah tanpa pemanis, buah dan sayur segar, yogurt rendah lemak, keju rendah sodium dan lemak. Gunakan juga garam substitusi jika anda membutuhkan.

Untuk waktu senggang, anda sediakan jus anggur atau pir. Pilihlah makanan ringan yang sarat serat misalnya apel dengan kulitnya. Hindari camilan kaya lemak rendah gizi seperti es krim, keripik kentang dan lainnya.

Jangan terlambat makan siang. Pasalnya makan saing yang terlambat akan membuat anda merasa lapar kembali tiga jam setelah makan. Kalau tidak ngemil, kecenderungan makan dalam porsi yang lebih banyak pada makan malam.

Ngemil dilakukan orang saat mood sedang buruk atau stres. Terkadang saat keinginan ngemil muncul, kita tidak tahu apa yang sebetulnya kita rasakan. Nah berikut jenis camilan sehat yang bisa disesuaikan dengan mood anda.

Saat bosan : pilih pop corn, wortel, roti batang, asinan atau nasi goreng sebagai camilan.
Saat kesepian : pilih es krim rendah lemak, yogurt tanpa lemak, pisang atau mangga, sup ayam, keju rendah lemak dengan buah, susu rendah lemak dan kue atau biskuit.
Jika anda haus : puaskan dengan minum air putih, jus buah, perasan jeruk, semangka, anggur atau buah kesukaan lainnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: