Posted by: media surviva | 13 November 2009

The Super Leader Super Manager

oleh : Harun Triyantoro

“Muhammad adalah pemuka dari jiwa-jiwa terkutuk yang membangkitkan perpecahan dalam agama dan mengembangkan agama-agama palsu.” Kutipan tersebut disampaikan oleh Dante Alighieri yang karena rabun jauhnya tidak mampu mengambil suri tauladan Muhammad SAW secara holistik dan komprehensif karena adanya distorsi image yang muncul dari ekses studi para orientalis.

Sebagai kaum muslimin sendiri kita mengalami rabun dekat dengan memposisikan Muhammad SAW terlalu tinggi, melangit dan jauh di atas sehingga mendekati posisi dewa atau anak dewa. Akibatnya, beliau menjadi “asing” bagi kita dan tidak bisa ditiru dan dijadikan suri tauladan lagi.

Itulah bahasan yang disampaikan dalam bab-bab awal buku, yang menunjukkan problematika umat manusia dalam menilai sosok Muhammad SAW. Untuk itu buku ini hadir dengan memaparkan pembahasan yang komprehensif tentang sosok Muhammad SAW dalam kapasitas beliau sebagai pedagang, pendidik, pendakwah, kepala keluarga, kepala negara, panglima perang serta penegak hukum.

Pembahasan yang lebih rinci mencakup :

Self Development & Personal Leadership, yang menegaskan pentingnya memulai dari diri sendiri untuk mengenali jati diri, memotivasi diri serta membangkitkan energi dari dalam diri untuk menghasilkan perfomansi terbaik yang dimiliki.

Sebagai Pemimpin Bisnis dan Entrepreneurship, yang menceritakan perkembangan karir bisnis Muhammad SAW mulai dari magang hingga diangkat menjadi Rasul, yang rentang waktunya lebih lama dibandingkan periode kerasulan, namun hal ini jarang diungkapkan oleh penulis lain dalam pembahasan tentang Muhammad SAW.

Sebagai Pemimpin Keluarga, bagaimana membangun keharmonisan kehidupan dalam rumah tangga, serta bersikap dan menjalin keselarasan dalam berbagai peran di keluarga. Yang cukup menarik adalah adanya penjelasan yang rasional disertai grafik tentang usia Rasulullah SAW saat monogami dan poligami. Juga dua belas istri beliau yang diterangkan dengan tabel yang warna-warni sehingga para pembaca akan tertarik untuk membaca buku ini hingga selesai.

Sebagai Pemimpin Dakwah, menyampaikan risalah mulai dari lingkungan keluarga, keluarga sekitar, masyarakat, hingga mengirimkan ekspedisi ke luar negeri sebagai bentuk dakwah serta menunjukkan eksistensi Islam. Dakwah disampaikan dengan disiplin wahyu, memberikan teladan, komunikasi yang efektif, dekat dengan umatnya, serta pengkaderan dan pendelegasian wewenang.

Sebagai Pemimpin Sosial Politik, melakukan perjalanan hijrah dalam pengembangan Negara Madinah dengan Piagam Madinahnya, mempersaudarakan kaum muhajirin dan anshar, kemenangan diplomasi dengan perjanjian hudaibiyah, serta menetapkan kebijakan ekonomi syariah.

Sebagai Pemimpin Sistem Pendidikan Holistik, Muhammad SAW menekankan pada sifat-sifat mulia yang patut diamalkan oleh guru, serta metode pengajaran holistik dengan metode diantaranya Learning Conditioning, Active Interaction, Applied-Learning Method, Scanning and Leveling, Discussion and Feed Back, Story Telling, Analogy and Case Study, Teaching and Motivating, Reasoning and Argumentation serta metode lain yang tak kalah menariknya untuk digali lebih jauh.

Sebagai Pemimpin Hukum, yang menyampaikan karakteristik penerapan hukum oleh Muhammad SAW secara bertahap, realistis, seimbang dan proporsional, fleksibel namun tetap tegas dan komprehensif untuk kemaslahatan umat.

Sebagai Pemimpin Militer, dipaparkan juga beberapa perang yang dilalui dan dipimpin oleh Muhammad SAW yang mencakup strategi pertahanan Madinah, Perang Badar al-Kubra, Perang Uhud, Perang Ahzab (Khandaq), operasi militer sesudah Perang Ahzab, Perang Khaibar, Penaklukan Makkah, serta Ekspedisi Pasca Penaklukan Makkah.

Jika kita dicermati, ada hal yang agak mengganjal dalam penulisan hadits serta kutipan ayat Al-Qur’an. Pada penulisan hadits seringkali disampaikan dalam Bahasa Inggris, dan tak jarang juga menggunakan Bahasa Indonesia. Tentu saja hal ini terkesan mengabaikan konsistensi dalam penyampaian hadits. Dalam buku juga tidak dituliskan Bahasa Arab dari hadits maupun kutipan ayat Al-Qur’an yang dicantumkan.

Namun demikian, kekurangan tersebut tertutup dengan materi yang disampaikan. Buku tersebut memiliki banyak literatur yang banyak dan lengkap, Selain itu, penyajian dalam bentuk bagan, diagram serta tabel mempermudah bagi pembaca untuk mencerna materi serta membaca peta sejarah yang disampaikan. Buku ini sangat bagus dibaca oleh remaja dan orang dewasa. Penuturan kalimat yang mudah ditelusuri serta adanya penjelasan hal khusus yang dipisah, membuat alur materi menjadi lebih menarik untuk diikuti.

Judul : Muhammad SAW The Super Leader Super Manager
Pengarang : Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec
Penerbit : Tazkia Multimedia
Edisi : Cetakan V, Desember 2007
Tebal : xvi + 320 halaman
Editor : Nuruddin Mhd. Ali, Cecep H. Sholehudin


Responses

  1. Hmmm, tulisan yang menarik. Terima kasih telah berbagi, karena jujur saja saya merasa jarang ada yang menuliskannya dalam perspektif seperti ini. Kesuksesan memang harus dimulai dari dalam, serta dilakukan dengan penuh komitmen.

    Saya pikir kita memang perlu saling mengingatkan satu sama lain tentang teori dan proses pengembangan diri. Dan sebagai referensi silang, Anda juga pasti bisa menemukan cerminan lainnya dalam tulisan saya yang berjudul Racun Pengembangan Diri. Sekedar untuk semakin menambah wawasan saja, semoga bisa membantu.

    Salam kenal, sobat, senang bertemu dengan sahabat baru yang juga memiliki semangat untuk menginspirasi orang lain.

    Lex dePraxis
    Unlocked!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: