Posted by: media surviva | 15 December 2009

Makanan yang Membuat Perut Rata

PERUT rata merupakan impian semua orang. Dengan perut rata, Anda tentunya akan semakin percaya diri karena penampilan lebih menarik. Tetapi, manfaatnya tidak hanya itu, perut datar berarti hilangnya lemak sentral, lemak sumber penyakit yang selalu menggelambir di perut. Mendapatkan perut datar, bisa Anda mulai dengan memilih makanan yang memperlancar pencernaan dan mengurangi gas dalam lambung.

Air hangat
Apakah Anda merasa perut Anda besar dan kembung?”Cobalah minum air,” terang Gillian McKeith, seorang pakar nutrisi holistik sekaligus penulis buku You Are What You Eat dan Food Bible: How to Use Food to Cure What Ails You. McKeith merekomendasikan Anda untuk minum air hangat sebelum makan. Tetapi pastikan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain itu, hindari air es.”Air es ini, akan menambah gas dalam lambung Anda,” terang McKeith seperti yang dikutip oleh situs foxnews.

Seledri
Potonglah seledri dan tambahkan dalam daftar diet Anda. Seledri, terang McKeith, mengandung sodium dan kalium yang sangat diperlukan untuk menyeimbangkan kadar air.

Sawi putih
Sawi putih juga akan membantu meredakan perut kembung. Menurut McKeith, sayuran ini mengandung probiotik yang akan menyumbangkan bakteri baik ke dalam perut.

Sup miso
Sup miso tidak hanya akan menghangatkan Anda tetapi miso juga mengandung enzim yang akan membantu proses pencernaan.

Acar kubis
Konsumsilah acar kubis mentah. Makanan ini, lanjut McKeith, mengandung enzim-enzim dan bakteri baik yang berfungsi membantu pencernaan.

Beras merah
Beras merah mengandung serat. Serat ini berfungsi untuk mengembangkan bakteri baik serta membantu fungsi usus halus.

Biji rami
Tambahkan biji rami ke dalam sarapan pagi Anda. Biji rami mengandung serat yang akan membantu kerja usus halus. Tetapi jangan lupa, untuk menghindari perut kembung, Anda harus selalu menghindari karbohidrat olahan, alkohol,
produk-produk susu, garam, rempah-rempah, kafein dan makanan olahan.

Pisang
Sebiji pisang ukuran besar mengandung 602 miligram kalium. Ini akan membantu melawan kembung dengan cara mengatur kadar sodium dalam tubuh.

Jahe
Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu perut kembung dengan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung ginerols yang akan meredakan perut kembung.

MAKANAN MEMBUAT PERUT RUSAK

Chicken Nugget
Kapanpun anda mencelupkan bahan makanan ke adonan, kemudian menggorengnya, makanan itu akan menjadi beban bagi pencernaan anda. Makanan yang digoren mengandung banyaklemak dan akan mengganggu pencernaan. Jika anda mengalami radang pencernaan, maka hal ini harus dihindari, karena akan menyebabkan pusing dan diare, demikian kata Tara Gidus, ahli diet di Orlando. Jika ingin makan nuget seperti ini, lebih baik anda oven daripada digoreng.

Cabe
Cape pedas memang enak banget, tapi bahaya lho, cabe bisa mengganggu lapisan pelindung kerongkonan anda. Hasilnya: panas di dada setelah makan. “Bahkan jika anda menahan panasnya dengan manambahkan krim masam, anda masih akan merasakan hal yang sama,” kata Gidus. Jadi daripada anda mengurangi panas dengan krim atau santan, yang hanya menambah kalori, coba gunakan cabe yang tidak sepedas itu.

Coklat
Konsekuensi tidak menyenangkan dari coklat bukan karena makan coklatnya, tapi gara2 kebanyakan makan coklat. Mungkin sepotong brownies sudah cukup, tapi brownies, tiga tumpuk, pake eskrim, wah, bahaya. Coklat ternyata membuat otot kerongkongan melemah, sehingga asam di pencernaan akan naik lagi ke atas dan menyebabkan rasa terbakar.

Jus Lemon
Jus lemon yang asam ini akan mengganggu kerongkongan, dan merangsang saraf sensorik untuk semakin merasa meradang. Di lambung, tambahan asam ini akan semakin menambah iritasi yang ada. Bayangkan anda belum makan, dan perut anda tiba2 sudah penuh dengan asam, apalagi yang akan anda rasakan selain sakit perut. Jika anda minum lemonade dengan gula, hati2 gula terkadang merangsang diare.

Mashed Potato
Tidak ada yang lebih tidak berbahaya daripada mashed potato (kentang tumbuk) tapi itu hanya kayaknya. Tapi buat anda yang tidak toleran terhadap laktosa, makanan ini hanya akan membahayakan anda. Mashed potato biasanya penuh dengan susu atau bahkan krim kental.

Bawang mentah
Bawang-bawangan mentah juga berbahaya, memang mereka mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap jantung dan peredaran darah, tapi bahkan ada diantara mereka yang hanya akan menyebabkan gejolak di perut. Jika anda mengkonsumsinya, pastikan sudah dimasak. Jika anda ingin mendapat khasiat terbaik dan tidak ingin perut anda terganggu, salah satu ide dari May Ryan, ahli makanan, mengatakan ada baiknya anda mencampurkan bawang mentah dan matang.

Es Krim
Tidak berbahaya sama sekali kan? Tapi jika anda tidak toleran terhadap laktosa, wah, perut bisa kembung, kram, atau bahkan penuh dengan gas! Jika memang demikian coba cari eskrim yang dibuat dari susu kedelai. Biarpun anda toleran laktosa, makan eskrim kebanyakan juga akan membuat perut anda serasa penuh selama berjam2, karena anda mengkonsumsi lemak, dan es krim, hampir semuanya adalah lemak.

Brokoli
Sayuran kaya nutrisi dan serat ini memang luar biasa sehat, tapi sayuran ini bisa membuat perut anda penuh gas, maka jangan makan mentah, siram air panas, atau masak secepatnya, senyawa kimia yang ada akan berkurang, dan gas yang terbentuk juga akan minimal.

Kacang2an
Kacanga2an seperti ini juga akan membuat perut anda berasa penuh karena sulitnya kacang2an ini dicerna. Enzym untuk memecah makanan ini hanya ditemukan di beberapa bakteri yang tinggal di dalam pencernaan. Dan jika anda tidak makna kacang2an secara rutin, mungkin anda akan kekurangan enzym untuk memecahnya, makanya anda akan kembung. Masak kacang2an ini dalam bentuk kuah, karena cairan yang ada akan membantu mencernakan sejumlah besar serat yang ada.

Permen (Karet) tanpa kalori
Tidak berkalori, karena adanya sorbitol. Sorbitol, pemanis buatan, ini akan membuat perut anda kembung juga karena gas yang ada di dalam perut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: