Posted by: media surviva | 3 April 2011

Bisnis Transportasi yang Menjanjikan

88 Bintang Transport, Rental Mobil Mewah di Yogyakarta Sangat Prospektif

Bisnis penyewaan mobil mewah merupakan bisnis yang mengiurkan dan menguntungkan karena penyewa mobil mewah lazimnya adalah orang-orang berduit dan perusahaan-perusahaan bonafit. 88 Bintang Transport merupakan satu dari sedikit perusahaan di Kota Gudeg yang menyewakan mobil mewah. Menurut Bintoro (36) pemilik 88 Bintang Transport, selain Bali, Yogyakarta merupakan Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang memiliki daya tarik kuat bagi wisatawan nusantara (wisnu) maupun wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang.

Berbekal pengalaman dan relasi yang luas, Bintoro tak merasa kesulitan untuk mengembangkan bisnis rental mobil mewah di Yogyakarta. Ia terjun ke bisnis transportasi sejak 1997, dan mengawalinya sebagai sopir sebuah jasa rental mobil yang biasa disewa oleh tamu-tamu VIP maupun VVIP, baik pejabat-pejabat BUMN maupun swasta, untuk keperluan dinas maupun pribadi.

Anda ingin tahu berapa harga sewa yang ditawarkan oleh 88 Bintang Transport? Tarif sewa MPV (Multi Purpose Vehicle) mewah plus sopir plus BBM dalam kota selama 10 jam untuk jenis Toyota New Alphard, Toyota Vellfire, dan Nissan Elgrand ditawarkan Rp. 3 juta. Sedangkan jenis Toyota Alphard ditawarkan dengan harga Rp. 2,5 juta. Sewa tersebut tidak Termasuk jasa parkir, dan makan sopir.

Armada Aman, Promosikan Usahanya Secara Online

Namanya singkat Armada Aman. Usaha rental mobil ini merupakan satu dari ratusan bahkan ribuan usaha rental mobil di Jakarta. Ini adalah bagian dari usaha seseorang untuk survive di tengah kompetisi mencari rezeki di belantara ibu kota.

Pemilik usaha ini tak lain adalah Wisnu Setiono, pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 37 tahun lalu ini mendirikan usahanya berbekal satu tekad yakni mandiri dan menjadi wirausahawan. Armada Aman memiliki 9 unit kendaraan berbagai merek kendaraan. Ia tak takut bersaing dengan perusahaan rental mobil lain yang tentunya memiliki modal besar dan unit mobil banyak serta merek-merek yang lebih bergengsi.

Dengan semangat memberi pelayanan sebaik mungkin, Armada Aman juga memberikan fasilitas member dengan berbagai keuntungan yang membuat member semakin merasa memiliki usaha ini dengan motto usahan “Layani Layaknya Keluarga” serta satu hal kelebihannya, sebisa mungkin ia menghadirkan pelayanan Islami baik kepada pelangganya maupun kepada sopirnya.

Seperti halnya, ketika telah memasuki waktu shalat, maka sopirnya mengingatkan kepada pengguna jasanya untuk menunaikan shalat terlebih dahulu dengan singgah di masjid yang berada dalam perjalanan, atau juga sebisa mungkin tidak memberikan sajian musik selama perjalanan kepada pengguna jasa akan tetapi digantinya dengan suguhan murattal.

Menurutnya, menjalani usaha rental mobil haruslah berani untuk mengambil resiko, itu yang pertama. Sedangkan selebihnya seseorang pebisnis ini dituntut untuk lebih inovatif, kreatif, aktif mencari pasar, serta menjaga jaringan relasi. Karena kembali lagi kepada pelayanan prima, pelanggan mestilah haruslah dijaga loyalitasnya.

Rental Mobil Annur, Bisnis Kebetulan, Dikenal Hingga ke Belanda

Nurhayati mengawali bisnisnya dari sebuah hal yang kebetulan. Pada saat itu, ia menyewakan mobil Daihatsu Espass milik suaminya yang sedang bekerja di luar kota, kepada tetangganya. Dan hal tersebut sering ia lakukan disaat mobil tidak dipakai . Sehingga ide untuk berbisnis pun kemudian terbersit dalam pikirannya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk berbisnis rental mobil di daerah Bekasi.

Waktu terus berlalu. Usahanya pun semakin lama semakin memberikan keuntungan yang besar baginya. Rental mobil yang dijalani oleh Nurhayati dan suaminya tersebut kini berkembang memiliki 50 unit mobil. Sekarang pun mereka sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Bahkan pelanggannya bukan hanya perorangan, namun hingga perusahaan-perusahaan yang berada di sekitar Jabodetabek. Dan dengan memiliki pelanggan yang begitu banyaknya, Nurhayati dapat meraup keuntungan 15 % hingga 20 % per bulan, atau berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan.

Dari Hobi Traveling, Hingga Bisnis Travel Agency

Sonny Wibisono adalah salah satu dari ratusan hingga ribuan pebisnis di biro perjalanan wisata yang mengambil kesempatan untuk menjemput peluang bisnisnya di bidang traveling. Usaha miliknya bernama, Vinska Tour. Ia sudah 3 tahun menjalankan bisnis tersebut, tepatya tahun 2007 ia membuka usahanya di rumah miliknya daerah Pondok Gede, Bekasi. Hanya dengan bermodalkan Rp 5 juta saja, ia nekat membuka usaha agen perjalanan wisata itu sendiri. Namun, justru dengan modal yang kecil saja, sekarang ia bisa mendapatkan keuntungan hingga 10 kali lipat.

”Vinska Tour selalu menyediakan paket wisata promosi setiap bulannya,” ujar Sonny seraya menunjukkan berbagai macam paket wisata. Ada paket wisata pendidikan, wisata kuliner, tur wisata keluarga, tur wisata pabrik, tur wisata bulan madu dan tur wisata lainnya. Dengan menyertakan paket promosi di setiap bulannya, bermaksud agar dapat menarik minat pelanggan untuk menggunakan jasanya. Selain itu juga, Sonny selalu menyediakan layanan wisata ke obyek-obyek wisata baru yang belum banyak diketahui oleh khalayak. Dengan tujuan untuk memperkenalkan keindahan dan kemenawanan objek wisata baru tersebut pada masyarakat.

Jacktour, Bisnis Perjalanan Wisata Online yang Disegani

Mencari nama Jacktour di bisnis wisata dan travel nasional seperti Bandung dan Jakarta, bisa diperkirakan tak banyak orang yang kenal. Namanya sendiri tak pernah muncul di berbagai media penyedia iklan. Perusahaan milik Jack Febrian, lelaki berusia 40 tahun ini baru bisa didengar di berbagai hotel, restoran, factory outlet serta tempat wisata di Jakarta dan Bandung. Tidak heran, karena memang 97 persen konsumennya adalah warga asing yang berwisata ke Indonesia.

“Kata orang Jacktour itu termasuk yang disegani di Bandung. Namanya tidak terdengar di Bandung karena tidak ada iklannya. Tapi kita bisa kerjasama dengan banyak pihak mulai dari hotel, FO, restoran, tempat wisata dan lain-lain. Bayangkan sudah 78 hotel kerja sama dengan kita. Rahasianya adalah komitmen kita dengan pelayanan,” kata Jack Febrian saat ditemui di kantornya Jalan Bukit Dago Selatan No. 53B, Bandung.

Beberapa klien Jacktour bahkan merasa kagum ketika mereka sakit, pihak Jacktour langsung mengurusinya secara gratis. “Saya menganggap customer adalah saudara kami yang ada disini. Bagi kami bisnis hanya sampai pukul 9 malam. Setelah itu kalau ada klien sakit kita antar ke rumah sakit. Kita layani secara gratis. Kasihan mereka disini tidak punya sanak sudara. Karena faktor inilah majalah-majalah luar negeri seperti Cleo, Cosmopolitan, Majalah Departemen Pariwisata Malaysia meliput kami,” kata Jack yang pernah mencicipi jabatan penting di lembaga dunia seperti WorldBank, USAID dan JICA-Jepang yang akhirnya berhenti karena merasa tak betah.

Wishnu Jaya Mandiri Transportasi, Raih Omzet Rp 75 Juta Per Bulan

Ketertarikannya menggeluti bisnis transpotasi, menginspirasi Ika Vibrianti melirik bidang ini dengan membuka usaha rental mobil dan antar jemput. Rumah yang menjadi tempat tinggal keluarga Ika Vibrinati kemudian dijadikan kantor dalam menjalankan usahanya.

“Saya memulai usaha rental mobil dan antar jemput dengan memarkir 2 unit mobil. Di bagian depan dan belakang mobil saya tulis disewakan dan menerima antar jemput. Awalnya hanya disewa tiga hingga delapan penyewa per bulan. Konsumennya, warga sekitar Sidoarjo, Surabaya Jawa Timur, pemasaran melalui dari mulut ke mulut dan pamflet, “ urai Ibu Ika isteri dari Ir. Basoeki Abdullah.

Apalag,i menjelang liburan seperti Hari Raya Idul Fitri, liburan sekolah, dan tahun baru yang di pastikan permintaan meningkat sekitar 30 %. Meski demikian, menurut wanita kelahiran 17 September 1974, awal masuk sekolah dan Ramadhan merupakan waktu sepi pelanggan, tetapi tidak untuk jasa antar jemput karyawan perusahaan. Inilah yang menggantikan sewaktu rental mobil lagi sepi.

Jasa antar jemput ini ternyata bisa menopang biaya operasiaonal bisnis rental ketika rental mobil dalam kondisi sepi,. “Alhamdulillah. sekarang kami bisa mencapai omzet Rp. 75 juta per bulan,” kata jebolan STIKOM Surabaya, jurusan Menejemen Informatika.

PT. Sunda Network, Travel Agent Wisata Terbaik

PT. Sunda Network merupakan salah satu perusahaan travel agent di Bandung. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 2007, setahun kemudian mendapat Anugrah Pesona Pariwisata Kota Bandung dari Pemerintah Kota Bandung sebagai Biro Perjalanan Wisata terbaik ketiga.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menilai PT Sunda Network selama setahun telah berhasil mendatangkan wisatawan mancanegara ke Kota Bandung.

Core usaha PT Sunda Network yaitu tourism business service, menyelengarakan pelayanan perjalanan wisata (tour and travel). menyelengarakan adventure (petualangan di alam), outbond, arung jeram, menyelenggarakan pagelaran seni tradisional Sunda, dan event organizer.

Menurut Dadan, bisnis di travel agent ini dalam setahun mengenal apa yang disebut low season, high season, dan peak season. Low season pada bulan-bulan saat sepi pelancong, Januari, Pebruari, dan Maret. “Kalau lagi low season omzet kami dalam sebulan rata-rata sebesar Rp 100 juta,” ujar Dadan.

OASE: Tips Safar Penuh Berkah

Dalam Islam, meraih berkah amatlah mudah. Dengan seseorang menjalankan syariat Islam dan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka dengan mudah keberkahan itu datang. Keberkahan dan berbagai kemudahan sangat diinginkan ketika seseorang melakukan sebuah perjalanan jauh. Lantas apa saja tips-tips ketika melakukan perjalanan tersebut. Berikut kami sarikan dari penjelasan ulama berdasarkan dalil-dalil yang shahih.

Pertama, melakukan shalat istikharah terlebih dahulu untuk memohon petunjuk kepada Allah mengenai waktu safar, kendaraan yang digunakan, teman perjalanan dan arah jalan. Jika sudah bulat melakukan perjalanan, maka perbanyaklah taubat yaitu meminta ampunan pada Allah dari segala macam maksiat, mintalah maaf kepada orang lain atas tindak kezholiman yang pernah dilakukan, dan minta dihalalkan jika ada muamalah yang salah dengan sahabat atau lainnya

Kedua, berpamitan kepada keluarga dan orang-orang yang ditinggalkan. Ketiga, ketika keluar rumah dianjurkan membaca do’a: “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya) (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, shahih)

FIKIH KONTEMPORER: Hukum Uang Muka (DP)

Idealnya, setiap interaksi yang anda jalin dengan saudara anda, dilandasi oleh kepercayaan yang berimbal balik antara kedua belah pihak. Terlebih-lebih interaksi antara dua orang yang sama-sama beriman kepada Allah dan hari akhir. Demikianlah idealnya sebagai seorang muslim dalam segala urusan anda. Keimanan kepada Allah dan hari akhir menjadikan anda bersikap amanah, sehingga dapat mempercayai dan dapat dipercayai. Tepat waktu, jujur, dan senantiasa menghormati hak-hak saudaranya.

Berangkat dari beberapa prinsip di atas, para ulama’ yang bermazhab Hambali menegaskan bahwa budaya uang muka yang biasa berlaku di perniagaan wajib anda patuhi. Telah berlaku sejak dahulu kala, bahwa uang muka yang dibayarkan oleh pembeli dihitung dari harga jual. namun bila pembeli membatalkan pembeliannya, maka uang muka ini tidak dapat kembali alias hangus.

Telah dikemukakan di atas bahwa pemberlakuan uang muka (DP) terbukti efektif melindungi hak-hak anda dari kecerobohan dan sikap nakal orang yang kurang bertanggung jawab. Walau demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa asas praduga tak bersalah atau yang lebih tepat disebut dengan husnu zhan (berbaik sangka) kepada sesama muslim lebih utama untuk dikedepankan.

FIKIH MUAMALAH: Hukum Perwakilan (Surat Kuasa)

Di zaman yang serba cepat dan praktis ini banyak pekerjaan atau kewajiban yang tidak mampu dilakukan oleh seseorang, baik karena kesibukan atau keterbatasan waktu dan tenaga yang dimiliknya. Sehingga mendelegasikan atau mewakilkan tugas pekerjaan kepada orang lain menjadi kebiasaan dan lumrah dilakukan setiap orang

Wakalah atau Wikalah adalah perwakilan. Menurut bahasa, artinya at-tafwidh (penyerahan, pendelegasian dan pemberian mandat), dan al-hifzhu (pemelihraan). Wakalah adalah “Pelimpahan kekuasaan oleh seseorang kepada orang lain untuk mengerjakan hal-hal yang diwakilkan, dan perwakilan berlaku selama yang mewakilkan masih hidup”.

Syarat pendelegasian adalah: Orang yang mewakilkan (Muwakkil), Orang yang mewakili (Wakil), Sesuatu yang diwakilkan (Muwakkal Fihi), Lafazh mewakilkan (Shighat). Namun menurut sebagian ulama, ijab dan qobul tidak disyaratkan dengan kalimat tertentu, bahkan keduanya dianggap sah bila dilakukan dengan perkataan atau perbuatan apapun yang menunjukan adanya ijab dan qobul

Bisnis Syariah: Tinjauan Kritis Perbankan Syaria’t Bagian II (Habis)

Pada dasarnya bank, apapun itu sistimnya adalah lembaga perantara (intermediary) antara sektor yang kelebihan dana (surplus) dan sektor yang kekurangan dana (minus). Bank menerima simpanan berupa giro, tabungan dan deposito dari pihak yang kelebihan dana. Dana yang terhimpun lalu disalurkan ke pihak-pihak yang memerlukan dalam bentuk kredit/pinjaman/pembiayaan.

Praktik Penghimpunan Dana di Bank Syariah: Core produk simpanan bank yaitu giro, tabungan, dan deposito. Pada bank syariah produk simpanan tersebut diberi label di belakangnya, sesuai akad yang menempel pada produk tersebut, seperti giro wadiah, tabungan mudharabah, dan deposito mudharabah.

Semua dana nasabah dioperasikan oleh bank syariah, tanpa melihat akadnya wadiah atau mudharabah.

Nasabah giro wadiah dirugikan, karena hanya mendapat bagi hasil yang kecil yaitu berupa bonus saja, sementara level risikonya sama dengan nasabah penabung lain.

Masih banyak syubhat dalam bank syriah bahkan dapat dikatakan masih ada riba di dalamnya. Kebanyakan nasabah bank syariah khususnya yang muslim memilih bermuamalah dengan bank syariah, dengan tujuan berbuat dengan sebaik-baiknya perbuatan dan taqarrub pada Allah Ta’ala. Wallahu A’lam.

http://majalah.pengusahamuslim.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: