Posted by: media surviva | 9 January 2012

4 Cara Atasi Meriang…

Paling sebal kalau Anda bangun pagi hari dan mendapati tenggorokan perih, bersin-bersin diikuti cairan encer mengalir dari hidung, atau badan mulai meriang. Kadang-kadang, ingatan akan beban pekerjaan di kantor membuat Anda mengindahkan saja kondisi tersebut. Atau, Anda bahkan berharap gejala tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Padahal, bila dibiarkan, bukan tak mungkin gejala tersebut akan bertambah parah dan akhirnya Anda pun sukses menderita flu!

Nah, ketika tanda-tanda awal dari flu itu hadir, ikuti tiga langkah berikut untuk mempercepat pemulihan Anda:

1. Konsumsi zinc. Zinc, atau seng, termasuk mineral penting yang dibutuhkan agar fungsi tubuh berjalan sempurna. Seng juga mendorong sistem kekebalan kita. Ketika kita mengalami flu, para peneliti yakin obat batuk yang mengandung seng bisa membantu menghentikan replikasi virus hingga separuhnya. Karena tubuh kita tidak dapat memproduksi mineral ini secara alami, kita perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung seng, seperti tiram, kepiting, tenderloin, udang (dikukus atau direbus), jamur, atau bayam. Namun studi menunjukkan bahwa seng hanya bekerja bila dikonsumsi secepatnya begitu gejala flu muncul. Jadi, begitu hidung meler alias “sentrap-sentrup”, segera minum obat batuk yang mengandung zinc dan konsumsi makanan-makanan tersebut.

2. Segera istirahat. Anda tak perlu mengurung diri di kamar, yang penting beristirahat. Ketika Anda merasakan tanda-tanda flu bakal menyerang, jangan diabaikan. Coba atur kembali jadwal kegiatan Anda, dan ganti dengan istirahat di tempat tidur. Tak apa-apa kan, jika harus menunda acara nonton bersama teman-teman, ketimbang sakit belakangan? Atau, jika biasanya sebelum tidur Anda memuaskan diri untuk nonton televisi atau browsing internet, sekarang cobalah tidur lebih cepat.

3. Banyak minum air putih dan teh. Sudah banyak pengalaman dari teman-teman yang mengatakan bahwa cara paling mudah menghentikan gejala flu adalah minum air putih sesering mungkin. Untuk memastikan tubuh terhidrasi, air putih memang pilihan terbaik. Hindari minuman yang manis atau bersoda. Anda juga bisa minum teh hangat atau panas, tanpa gula. Pilih jenis teh yang melawan batuk, seperti teh jahe.

4. Berkumur dengan air garam. Cara ini tidak hanya mampu meringankan gejala flu, tetapi juga membantu mencegahnya. “Larutan garam bisa menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga membuatnya tidak begitu sakit,” papar Dr Philip T. Hagen, pemimpin redaksi Mayo Clinic Book of Home Remedies, seperti dikutip harian The New York Times. Berkumur juga akan mengencerkan lendir yang kental, yang bisa menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur, dari tenggorokan.

Jika kondisi Anda tidak terlalu sakit, cobalah untuk tetap berolahraga. Latihan akan membantu membangun kekebalan, sehingga dapat mencegah datangnya flu atau menghentikan gejalanya.

Sumber: FitSugar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: