Posted by: media surviva | 20 February 2012

Ini Bedanya Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Walaupun berkaitan dengan kadar gula yang berlebih di dalam darah, terdapat perbedaan antara diabetes tipe 1 dan 2 punya secara mendasar. Mulai dari penyebabnya yang berbeda, cara pengobatan dan tentunya cara pencegahannya mempunyai perbedaan yang nyata.

Perbedaan tipe diabetes yaitu, terletak pada usia penderita ketika diagnosis pertama kali. Diabetes dengan tipe 1 banyak dialami oleh pasien dengan umur di bawah 20 tahun , biasa disebut juvenile onset, sedangkan tipe 2 dialami oleh yang berusia 35 tahun ke atas yang disebut adult onset.

Namun istilah juvenile onset maupun adult onset sudah ditiadakan, karena faktanya diabetes tipe 1 serta tipe 2 bisa dialami oleh penderita dengan usia berapapun. Walaupun kecenderungannya tetap sama yaitu tipe 1 lebih banyak dialami oleh usia muda dan tipe 2 oleh usia tua.

Perbedaan lainnya adalah postur perawakan penderitanya. Pasien diabetes tipe 1 secara umum mempunyai perawakan kurus, dan diabetes tipe 2 lebih banyak dialami orang-orang berbadan besar yang termasuk kelebihan berat badan (overweight) termasuk yang obesitas.

Diabetes dengan tipe 1 dan 2 dapat juga dibedakan dari penyebabnya. Pada diabetes tipe 1 penyebabnya adalah kerusakan pada organ pankreas sehingga menjadikan produksi hormon insulin berkurang, sedangkan pada tipe 2 penyebabnya adalah resistensi insulin yang berarti bahwa hormon insulinnya mencukupi secara jumlah namun tidak berfungsi dengan baik ketika mengontrol kandungan gula darah.

Dengan fakta bahwa penyebabnya tidak sama, maka pengobatan penyakit diabetes kedua tipe ini akan berbeda. Penderita diabetes tipe 1 memerlukan hormon insulin dengan bantuan suntikan atau pompa insulin, sedangkan penderita diabetes tipe 2 bisa diobati dengan mengkonsumsi obat telan.

Diabetes dengan tipe 1 sulit untuk diprediksi dan dicegah, karena biasanya terjadi kelainan pada genetik sejak lahir. Berbeda halnya dengan penyakit diabetes tipe 2 yang dapat dicegah, sebab biasanya dialami oleh orang-orang yang mempunyai pola makan yang tidak sehat serta jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga.

Jika dilihat dari perbandingan banyaknya kasus, penyakit diabetes tipe 1 mencapai 10-15 % dari total penderita penyakit diabetes. Informasi dari ABC News, Senin (20/2/2012), jumlah penderita diabetes tipe 2 berada di negara maju serta negara berkembang yang mencapai 85-90 % dari seluruh penderita diabetes untuk semua tipe.

sumber : berbagai sumber.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: