Posted by: media surviva | 6 May 2009

You, Inc. : Investasi Terbaik Ada Pada Diri Anda…

source : geraidinar.com

Warren E. Buffett chairman of the board dari Berkshire Hathaway adalah idolanya dunia investasi barat. Betapa tidak, sampai tahun lalu nilai buku per saham perusahaan yang dikelolanya selama 44 tahun meningkat sekitar 3,600 kali atau tepatnya 362,319%. Sementara rata-rata peningkatan nilai buku saham 500 perusahaan terbaik dunia versi Standard & Poor atau S&P 500 pada rentang waktu yang sama hanya naik sekitar 42 kali atau tepatnya 4,276%.

Bahkan tahun lalu di puncak krisis ketika rata-rata perusahaan S&P 500 mengalami kerugian dan penurunan nilai buku 37% , Berkshire hanya mengalami penurunan nilai 9.6%.

Lantas apa yang menjadi rahasia Warren E. Buffett sampai bisa menghasilkan peningkatan nilai buku 85 kali lipat dari rata-rata perusahaan terbaik dunia S&P 500 ?. Jawaban ada pada kepandaian mereka memilih untuk investasi hanya pada perusahaan-perusahaan terbaik dari yang terbaik.

Meskipun demikian menurut Warren investasi terbaik bukan pada investasi di perusahaan-perusahaan terbaik tersebut – ini hanya nomor dua katanya, investasi terbaik adalah investasi pada diri Anda.

Inilah yang kita sering lupa atau tidak melihatnya. Padahal justru dalam Islam-lah kita diajari untuk memperhatikan apa yang ada di diri kita : “dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan ? ”. (QS 51 : 21)

Mengapa investasi pada diri kita adalah investasi terbaik ?. Karena hanya dengan memperbaiki diri kita dalam segala hal, hal-hal terbaik diluar diri kita bisa kita peroleh.

Lantas bagaimana cara kita berinvestasi pada diri kita sendiri ?. Berikut adalah butir-butir yang antara lain saya ambilkan dari buku dengan judul You, Inc. (Warner Business Book – New York, 2007):

  1. Tentukan tujuan hidup Anda ( misalnya bagi muslim seperti kita tujuan hidup ini bisa ‘sederhana’ – mencari Ridla Allah semata, atau memperoleh kebaikan kehidupan di dunia dan kebaikan pula di akhirat).
  2. Kenali diri Anda, kelemahan Anda, kekuatan Anda – potensi yang ada di diri Anda.
  3. Analisa apa yang Anda lakukan selama ini, sudah kah menuju tujuan hidup Anda ?, sudahkan Anda atasi kelemahaan Anda, sudahkah Anda optimalkan penggunaan kekuatan Anda ?.
  4. Dandani kelemahan Anda – apapun kelemahan itu. Kalau kelemahan tersebut misalnya Gatek (gagap teknologi) di era informasi ini, padahal penguasaan teknologi ini menjadi pintu bagi pengembangan diri Anda, maka fokuslah untuk memperbaiki kelemahan ini dengan kursus-kursus dan berguru pada yang mampu, membaca buku, berlatih terjun di dalamnya dlsb.
  5. Asah potensi Anda; bisa jadi ada intan berlian pada diri Anda – hanya selama ini mungkin Anda sendiri hanya melihatnya sebagai batu biasa – maka kini saatnya mengasahnya secara maksimal sampai intan berlian tersebut benar-benar memantulkan sinar terbaiknya.

Untuk dua butir terakhir mungkin Anda perlu keluar uang, perlu meluangkan waktu yang banyak, perlu mengorbankan beberapa kenyamanan dlsb.dlsb. Tetapi percayalah ini bentuk investasi terbaik Anda, Anda akan menikmatinya kelak di dunia dan di akhirat – insyaAllah.

Lantas dari mana memulainya ?; Tidak susah. Yang Anda butuhkan adalah kaca cermin, selembar kertas dan pensil/pulpen. Kemudian lihatlah siapa yang sekarang ada di cermin tersebut, lalu mulailah menganalisa butir demi butir yang saya uraikan diatas yang terkait dengan objek investasi Anda kali ini – yaitu diri Anda !. Selamat berinvestasi …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: